Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Lorongperihal.id | Dikala suatu tempat dilanda kekeringan yang sangat panjang, turunnya hujan yang cukup deras, dapat menjadi sebuah jawaban. Hujan yang turun dari langit, sering kali menjadi penyelamat dan berkah bagi banyak orang, terutama orang-orang yang mengalami kesulitan air. Dengan adanya hujan, tanah yang tandus dan kering pun, akan menjadi subur kembali.

Namun, hujan juga bisa membawa sebuah bencana, yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Sering kali, hujan yang terus menerus turun sepanjang waktu, menjadi sumber terjadinya suatu bencana seperti halnya banjir.

Bencana banjir yang terbilang parah semisal banjir bandang, tidak menutup kemungkinan dapat menelan, banyak korban jiwa. Apalagi, beberapa banjir tidak hanya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, melainkan juga dipicu oleh badai hebat yang menyapu wilayah tertentu.

Seperti halnya yang terjadi di Negara Jepang beberapa waktu yang lalu, dimana hujan lebat yang disertai badai Etau, telah membuat kota Joso di sebelah Utara Tokyo, mengalami banjir bandang yang cukup parah. Diperkirakan, ada sekitar 400.000 orang di evakuasi ke daerah yang lebih aman, pada kejadian tersebut.

Selain di Jepang, ternyata terdapat banyak sekali kejadian banjir bandang, yang pernah menghantam beberapa wilayah dunia ini. Beberapa bahkan telah memakan banyak korban jiwa. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa peristiwa banjir bandang terbesar yang pernah tercatat di dunia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai daerah mana sajakah di dunia yang pernah mengalami banjir bandang terparah?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

- Banjir Sungai Yangtze Di China Pada Tahun 1931

Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Negara Cina, pernah mengalami bencana banjir super mengerikan, yang terjadi pada tahun 1931. Bahkan bencana satu ini, tercatat sebagai bencana alam paling besar dalam sejarah. Sungai Yangtze meluap dengan sangat besar, dan menghanyutkan banyak penduduk yang ada di sekitarnya. Diperkirakan, sedikitnya empat juta orang meninggal dunia, karena terbawa arus sungai.

Sekitar bulan Juli hingga Agustus 1931, hujan di wilayah sungai tersebut sangat lebat. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas badai dan topan, yang akan melewati negara tirai bambu ini. Saat badai mengerikan menghantam negara Cina, Sungai Yangtze pun meluap dan menelan jutaan nyawa, dalam sekali waktu.

- Banjir Akibat Badai Tropis Di Filipina Pada Tahun 2011

Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Akhir tahun 2011 yang lalu, sepertinya menjadi hari paling buruk, bagi warga Filipina. betapa tidak, badai besar Washi yang bergerak dari arah Jepang, menghantam negeri kepulauan ini. Akibatnya, curah hujan meningkat dengan sangat drastis. Kecepatan angin juga mencapai 95 km/jam. Badai ini mengakibatkan curah hujan yang sangat tinggi di Filipina, sehingga membuat banjir bandang pun tak dapat terelakan lagi.

Ada sekitar 1.268 jiwa meninggal dunia akibat bencana besar ini. Kerugian yang ditimbulkan juga terbilang sangat fantastis, yaitu mencapai angka sekitar 98 miliar dolar. Selain di Filipina, badai ini juga menerjang beberapa negara di Mikronesia serta Palau, meski pun efek badai tersebut sudah semakin menurun.

- Banjir Uttarakhand Di India Pada Tahun 2013

Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Pada tahun 2013 yang lalu, negara bagian Uttarakhand, India, mengalami hujan yang sangat lebat. Bahkan intensitas hujannya, mencapai empat kali lipat dari hujan muson biasa. Hal ini mengakibatkan, debit air di sungai Mandakini terus meninggi, sehingga mengakibatkan banjir tak dapat dihindari lagi.

Dalam peristiwa paling mengerikan setelah Tsunami 2004 itu, ada sekitar 5.700 orang meninggal dunia. Sebagian besar korban, meninggal akibat tenggelam dan terseret arus, yang sangat deras. Puluhan ribu orang terjebak di lembah-lembah, karena akses jembatan banyak yang terputus.

- Banjir Di Jepang Akibat Badai Etau Yang Datang Dengan Hujan Lebat Pada Tahun 2015

Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Seperti yang telah dikatakan di awal, Jepang pernah mengalami darurat banjir. Kota-kota di sebelah Utara Tokyo, seperti halnya Joso dan kota kecil lain pernah dilanda banjir bandang, yang sangat mengerikan. Banjir ini tak hanya menghanyutkan wilayah ini, namun juga membuat banyak rumah rusak. Arus air yang kuat bahkan bisa menarik rumah dan meratakannya dengan tanah.

Pemerintah Jepang pun banyak melakukan evakuasi kepada warganya. Mereka banyak yang dikirim ke kota-kota terdekat, untuk sesegera mungkin mendapatkan perawatan. Betapa mengerikannya, banjir yang telah merenggut dua korban jiwa, dan membuat ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggalnya ini.

- Banjir Akibat Anomali Cuaca Di Pakistan Pada Tahun 2010

Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Akhir Juli 2010 yang lalu, Pakistan mengalami anomali atau keanehan, pada cuacanya. NASA telah memetakan, akan adanya bencana hujan lebat, akibat pengaruh badai La Nina. Dan benar saja, dalam sekejap mata hujan besar menghantam Pakistan, dan mengakibatkan sungai-sungai besar seperti Sungai Indus, meluap dan membanjiri seluruh isi kota.

Dalam peristiwa paling buruk di Pakistan ini, ada sekitar 1.781 orang meninggal dunia. Jumlah ini dapat terus meningkat, mengingat ada banyak warga yang hilang, dan belum ditemukan. Kerugian mencapai 43 miliar dolar, yang muncul akibat banyak sekali bangunan besar yang runtuh, diterjang banjir bandang yang tak terkontrol ini.

- Banjir Karena Topan Di Thailand Pada Tahun 2011

Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

Pada tahun 2011 yang lalu, negara-negara di kawasan Semenanjung Malaka seperti Thailand, Malaysia, Kamboja, hingga Myanmar, mengalami sebuah badai yang cukup besar. Musim muson yang biasanya datang dengan hujan ringan, kini tiba datang dengan badai yang besar. Akibatnya, gelombang-gelombang di pantai menjadi besar, dan curah hujan pun meninggi. Sungai-sungai meluap dan membuat jutaan orang harus mengungsi.

Di Thailand saja, ada sekitar 2,3 juta orang, yang harus meninggalkan rumahnya. Sedangkan untuk korban meninggal, mencapai sekitar 730 orang. Tak berhenti di sini saja, jutaan hektar sawah siap panen, juga lenyap seketika. Kerugian diperkirakan mencapai 1.440 miliar bath. Usai banjir, Thailand langsung menghadapi krisis ekonomi, meski segera dapat diatasi.

Baca Juga : Berikut Empat Bencana Tanah Longsor Paling Besar Sepanjang Sejarah Dunia

Itulah ulasan mengenai enam banjir bandang terbesar yang pernah tercatat di dunia, sahabat sekalian. Besarnya banjir yang berawal dari cuaca ekstrim itu, tergambar jelas dari banyaknya korban jiwa serta kerugian yang ditimbulkannya, sehingga pastinya dapat membuat kita merinding, dengan hanya mengetahui fakta-fakta tersebut saja. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.anakregular.com/2015/09/tujuh-bencana-banjir-bandang-paling.html

Subscribe to receive free email updates: