Berikut Empat Bencana Tanah Longsor Paling Besar Sepanjang Sejarah Dunia

Sahabat Saya Sekalian | Musim hujan memang terbilang cukup membahayakan, terutama bagi wilayah yang memiliki tanah dengan kondisi, yang tidak stabil sehingga dapat mengundang terjadinya Tanah Longsor. Adapun penyebab bencana alam satu ini, sangatlah banyak diantaranya ialah hujan, lereng yang terjal, batuan yang tidak kuat, pengikisan, getaran, dan lain sebagainya.

Banyaknya kejadian bencana alam seperti halnya tanah longsor ini, mungkin membuat pikiran kita bertanya-tanya, tentang apakah di dunia ini pernah terjadi bencana tanah longsor terbesar?. Dan ternyata bencana tanah longsor yang terbilang sangat besar, memang pernah melanda beberapa wilayah, di seluruh dunia ini.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa bencana tanah longsor terbesar yang pernah terjadi, sepanjang sejarah dunia. Dimana bencana-bencana tanah longsor ini, menyebabkan sejumlah besar tanah bergeser dari posisinya semula, secara bersamaan.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai bencana tanah longsor seperti apa sajakah, yang terbilang sangat besar tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Lima Letusan Gunung Api Indonesia Terdahsyat Yang Pernah Tercatat

- Bencana Tanah Longsor Markagunt

Berikut Empat Bencana Tanah Longsor Paling Besar Sepanjang Sejarah Dunia

Sebenarnya, para ahli geologi telah mengetahui bagian yang lebih kecil dari longsor Markagunt, sebelum pemetaan terbaru yang menjelaskan tingkat kerusakan yang sangat besar. Mereka berjalan kaki melalui area hutan belantara di taman hutan nasional Dixie, guna mengidentifikasi ciri-ciri yang menunjukkan bahwa longsor Markagunt, jauh lebih besar daripada analisis sebelumnya.

Peristiwa tanah longsor itu, terjadi di daerah yang sekarang dikenal sebagai, Bryce Canyon National Park dan kota Beaver, Utah. Diperkirakan cakupan wilayah tanah longsor tersebut, mencapai sekitar 1300 mil persegi, atau setara dengan gabungan wilayah Cuyahoga, Portage dan Summit.

Markagunt menyamai bencana tanah longsor yang terjadi di Heart Mountain. Bukti ini ditemukan pada tahun 1940, dan diterbitkan dalam artikel klasik berupa buku teks geologi. Bahkan longsor Markagunt jauh lebih besar, bila dibandingkan longsor Heart Mountain, setelah semua bukti dipetakan secara lebih rinci.

- Bencana Tanah Longsor Saidmarreh

Berikut Empat Bencana Tanah Longsor Paling Besar Sepanjang Sejarah Dunia

Tanah longsor terbesar sepanjang sejarah, terjadi pada masa pra sejarah. Tanah longsor pra sejarah ini sendiri, berhasil diidentifikasi pada tahun 1938 oleh Harrison and Falcon, dan diterbitkan dalam Journal of Geology. Tanah longsor itu terjadi di barat daya Iran, dan dikenal dengan nama Saidmarreh Landslide.

Tanah longsor tersebut, diperkirakan memiliki volume sekitar 20 km3, dengan kedalaman sekitar 300 m, dan menempuh jarak sejauh 14 km dengan lebar 5 km. Itu berarti, sekitar 50 milyar ton tanah dan bebatuan, bergerak secara bersamaan.

- Bencana Tanah Longsor Heart Mountain

Berikut Empat Bencana Tanah Longsor Paling Besar Sepanjang Sejarah Dunia

Tanah longsor ini terjadi di wyoming. Bukti-bukti yang ada masih tersamarkan oleh erosi, pelapukan dan aktivitas gunung merapi, sehingga menyulitkan para peneliti untuk mengukur besarnya tanah longsor tersebut. Tanah Longsor Heart Mountain ini, terjadi ketika sepotong besar bongkahan batu setinggi kira-kira 1600 kaki, dan lebih dari 400 mil persegi meluncur menuruni lereng gunung. Dan sekarang menjadi serpihan-serpihan kecil, dan sebagian telah terkubur oleh material Vulkanik.

- Tanah Longsor Southeastern Alaska

Berikut Empat Bencana Tanah Longsor Paling Besar Sepanjang Sejarah Dunia

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi, bahwa longsor besar terjadi di Alaska bagian tenggara, pada tanggal 16 Februari 2014. Perkiraan awal menunjukkan, bahwa tanah longsor di sisi-sisi gunung La Perouse, melibatkan 68 juta metrik ton material yang berpotensi membuat longsor terbesar, yang pernah terjadi di bumi sejak tahun 2010.

Menurut Colin Stark, yang merupakan seorang ahli geofisika dari Lamont-Doherty Earth Observatory, di Columbia University. Longsor ini sendiri, dipicu oleh runtuhnya gunung vertikal di ketinggian 2.800 meter, atau setara dengan 9.200 kaki. Sejak awal Stark menyadari, bahwa tanah longsor mungkin akan terjadi.

Dugaan tersebut muncul, setelah alat deteksi cepat yang menyaring melalui data, yang dikumpulkan oleh jaringan pemantauan gempa global, mengambil sinyal indikasi peristiwa yang cukup signifikan. Sensor gempa mendeteksi gelombang seismik-vibrations, yang terpancarkan melalui kerak bumi, karena adanya gerakan tiba-tiba batu, es, magma, atau puing-puing.

Baca Juga : Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

Itulah ulasan mengenai empat bencana tanah longsor terbesar yang pernah tercatat, sahabat sekalian. Begitu besarnya runtuhan tanah, serta dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa-peristiwa tersebut, membuatnya masuk dalam daftar bencana terbesar, yang pernah tercatat di dunia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.anehdidunia.com/2014/12/tanah-longsor-terbesar-di-dunia.html

Subscribe to receive free email updates: