Lima Cara Alami Berikut Ampuh Atasi Masalah Rambut Rontok

Sahabat Saya Sekalian | Memiliki masalah rambut rontok, merupakan hal yang wajar terjadi. Namun apabila kerontokan rambut yang kamu alami, terjadi secara terus menerus, hal tersebut perlu untuk diketahui lebih lanjut penyebabnya. Karena kerontokan rambut secara berlebihan, dapat menyebabkan kepalamu mengalami kebotakan. Adapun rambut rontok sendiri, dapat disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor eksternal dan internal. 

Adapun Faktor-Faktor Eksternal Penyebab Rambut Rontok Ialah :

- Gaya Rambut

Faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kesehatan rambut kamu, sebelum mencoba untuk mengubah gaya rambutmu. Hal tersebut dikarenakan, beberapa gaya rambut dapat menyebabkan, rambut kamu tertarik hingga ke akar-akarnya. Selain itu, juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh, sehingga mudah patah.

- Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan, dan membuat rambut menjadi bergelombang secara permanen, dapat menyebabkan rambutmu menjadi rusak. Terutama, apabila digunakan secara berlebihan, juga tidak tepat dalam penggunaannya.

- Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat beracun, yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Adapun pada umumnya, radikal bebas berasal dari polusi, dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah, dan rambut menjadi lebih cepat rontok.


Adapun Faktor-Faktor Internal Penyebab Rambut Rontok Ialah :

- Keturunan

Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok, salah satunya ialah dikarenakan faktor keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan, apabila salah satu dari orang tua kamu memiliki masalah rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan kepada kamu sebagai anaknya.

- Hormon

Hormon yang tidak seimbang, dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung, biasanya akan mengalami ketidakseimbangan hormon, yang dapat menyebabkan rambut mereka rontok cukup parah.

- Stres

Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok, biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok, ketika kamu sedang mengalami hal yang dapat menyebabkanmu stres. Pada saat mengalami stres, rambut menjadi lebih cepat rontok, bila dibandingkan saat kamu sedang rileks.

- Penyakit

Penyakit diabetis dan lupus, dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambutmu.

Baca Juga : Atasi Masalah Ketombe Dengan Enam Cara Almi Berikut

Kemudian timbul pertanyaan, setelah kita mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan rambut rontok, adakah cara alami tuk atasi masalah rambut rontok tersebut?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips tuk atasi masalah kerontokan rambut. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi. Berikut ini ulasannya :

Lima Cara Alami Berikut Ampuh Atasi Masalah Rambut Rontok

- Menggunakan Alpukat

Alpukat terkenal akan proteinnya. Dan protein ini, sangatlah baik untuk pertumbuhan rambutmu. Sehingga, bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok, yang kamu alami. Caranya cukup mudah, hanya dengan menghaluskan buah alpukat, kemudian oleskan pada rambut serta kulit kepalamu. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

- Bawang Putih

Bawang putih dapat berkhasiat, untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Caranya yakni, dengan menghaluskan bawang putih, dan menggunakannya sebagai masker rambut. Kamu tinggal mengoleskannya sebelum tidur, pada bagian rambut yang mengalami kerontokan, dan besok paginya bilas menggunakan sampo.

- Lidah Buaya

Seperti yang diketahui, ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat, dan alami. Kandungan dalam lidah buaya, ternyata tidak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepalamu. 

Caranya mudah sekali, kamu cukup membasahi terlebih dahulu rambutmu, dan tunggu sampai setengah kering. Setelahnya usapkan lendir dari daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepalamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

- Teh Hijau

Teh hijau ternyata berkhasiat juga untuk mengurangi, dan mengatasi masalah rambut rontok. Selain itu, teh hijau ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, dikarenakan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. 

Cara yang satu ini cukup terbilang mudah. Kamu hanya tinggal membuat teh panas seperti biasa, dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, basuhkan air teh tersebut keseluruh rambutmu, diamkan kurang lebih selama satu jam, kemudian bilas rambutmu menggunakan sampo.

- Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu bahan, yang dapat kamu gunakan, untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cukup oleskan saja pada rambutmu, kemudian diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan menggunakan air.

Baca Juga : Berikut Tiga Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut Kamu

Itulah ulasan menegnai lima cara atasi masalah rambut rontok secara alami, sahabat sekalian. Oleh sebab itu, apabila kamu memiliki masalah kerontokan rambut, tidak usah ragu untuk mencoba cara-cara yang sudah kita ulas di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: