Inilah Alasan Utama Di Balik Perbedaan Warna Susu Dan Keju

Sahabat Saya Sekalian | Susu ialah cairan bergizi berwarna putih, yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya ialah manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi, sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. 

Sementara itu keju sendiri, merupakan sebuah makanan yang dihasilkan melalui, pemisahan zat-zat padat dalam susu. Adapun pemisahan zat-zat tersebut, dilakukan melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini, dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu, yang biasa disebut rennet.

Lalu pernahkah terbersit dalam benakmu, pertanyaan mengenai mengapa keju memiliki warna yang berbeda, dengan susu?. Padahal seperti yang kita ketahui, bahwa keju berasal dari susu. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesemapatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan mengapa susu dan keju memiliki warna yang berbeda.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai alasan apa yang ada di balik putihnya susu, dan kuningnya keju tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Alasan Utama Di Balik Perbedaan Warna Susu Dan Keju

Ternyata susu khususnya susu sapi, tidak benar-benar memiliki warna putih. Susu memiliki pigmen kekuningan atau oranye, yang berasal dari rumput-rumput, yang dimakan oleh sapi. Dan pigmen ini bernama Betakaroten atau komponen lemak pada susu.

Pada proses pembuatan keju, komponen-komponen cair dari susu dihilangkan, sehingga pada akhirnya proses ini menyisakan pigmen betakaroten lebih tinggi, dibandingkan komponen cair susu. Dan hasilnya keju pun berwarna kuning. 

Di musim semi dan musim panas, sapi-sapi mengonsumsi dan tanaman segar lainnya, yang mengandung betakaroten. Sehingga dapat menghasilkan keju yang berwarnna kuning pula. Sementara di musim dingin, sapi-sapi akan mengonsumsi jerami, karena rumput tidak tumbuh. Sehingga pada musim ini, keju yang berasal dari susu sapi, akan terlihat lebih pucat.

Akan tetapi keju yang berwarna kuning, dirasa dapat lebih menarik perhatian, serta memiliki daya jual yang lebih tinggi pula. Sehingga membuat para produsen keju mulai menambahkan bahan lain, untuk menghasilkan warna kuning atau oranye pada keju, tanpa harus merusak rasa dari keju itu sendiri.

Itulah ulasan mengenai alasan di balik warna keju yang berbeda dengan warna susu, sahabat sekalian. Ternyata warna keju dan susu yang berbeda, merupakan hasil dari proses pembuatan keju itu sendiri. Sehingga tak perlu ada rasa was-was dalam mengonsumsi keju, terutama apabila dikaitkan dengan warnanya yang kuning, karena sudah barang tentu keju merupakan makanan yang aman. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: