Enam Tanda Berikut Tunjukan Bahwa Kamu Menderita Masalah Gagal Ginjal

Sahabat Saya Sekalian | Organ ginjal, merupakan salah satu bagian paling penting, dari tubuh manusia. Fungsi utama ginjal itu sendiri, yaitu untuk mendetoksifikasi, serta membersihkan sistem dalam tubuh kita. 

Setiap harinya, ginjal akan menyaring sedikitnya 200 liter darah, untuk memisahkan sekitar dua liter sampah atau ekstra air dari darah kita. Dan fungsi utama dari ginjal ini, menjadikannya sangat penting untuk menghilangkan sampah atau limbah dalam tubuh, serta dengan demikian dapat menyehatkan sirkulasi darah.

Selain itu ada juga beberapa fungsi ginjal lainnya, seperti halnya menjaga kesehatan tulang, menjaga keseimbangan elektrolit, meningkatkan jumlah sel darah merah, serta menstabilkan tekanan darah. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan organ ginjal dalam tubuh kita, merupakan suatu perkara yang sangat penting.

Jika ginjal mengalami masalah, maka tubuh kita secara keseluruhan, dapat berisiko mengalami masalah pula. Dan ternyata, ada beberapa gejala atau pertanda, yang menunjukan bahwa ginjal kita sedang mengalami masalah. 

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa pertanda bahwa kita mengalami gagal ginjal. Tekanan darah tinggi, anggota keluarga memiliki sejarah penyakit gagal ginjal, serta diabetes, dapat memperbesar risiko seseorang mengalami penyakit gagal ginjal. Jadi amat sangat penting, untuk menjaga ginjalmu tetap berfungsi dengan baik, pada setiap tahap kehidupanmu. 

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai gejala-gejala apa sajakah yang dapat menunjukan, bahwa seseorang sedang menderita gagal ginjal?. Berikut ini ulasannya :

Enam Tanda Berikut Tunjukan Bahwa Kamu Menderita Masalah Gagal Ginjal

Baca Juga : Lima Tanda Kamu Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak

- Perubahan Warna Urin Serta Frekuensi Buang Air Kecil

Seperti halnya apabila urinmu sering kali berbusa, atau kadang-kala memiliki warna yang gelap, atau bahkan mengalami kesulitan pada saat kamu buang air kecil. Hal tersebut bisa menjadi sebuah pertanda, bahwa ada masalah di ginjalmu. Frekuensi buang air kecil yang jarang, atau malah berlebiha, mungkin juga menjadi salah satu tandanya.

Pembengkakan Tungkai Dan Sendi

Apabila kamu mulai melihat pembengkakan, pada bagian tubuh, atau sendi, atau bahkan wajahmu. Hal tersebut juga dapat menjadi pertanda, bahwa fungsi ginjlamu mulai melemah, dan terdapat kelebihan cairan yang seharusnya dikeluarkan.

- Sering Alami Sesak Napas

Jika kamu sering kali mengalami sesak napas, mungkin saja itu merupakan salah satu gejala, yang menunjukan bahwa kamu menderita gagal ginjal. Alasannya ialah jumlah akumulasi racun dalam tubuh, yang menyebabkan penurunan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh kita, tak dapat menyeimbangkan jumlah oksigen, yang diperlukan.

- Dalam Mulut Terasa Adanya Rasa Logam

Terasanya rasa logam dalam mulut, terjadi ketika sampah atau limbah dalam darah, mengubah rasa makanan. Hal ini juga menjadi dapat menjadi penyebab bau mulut. Perubahan mendadak, dalam nafsu makan yang buruk, dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

- Sering Lupa Dan Juga Pusing

Jika kamu menderita gagal ginjal, akan terjadi pengurangan jumlah oksigen, yang masuk ke otak. Hal tersebut, dapat menyebabkan pusing di kepala, lupa, kurang konsentrasi, serta sakit kepala.

- Rasa Sakit Yang Teramat Menyakitkan

Jika kamu mengalami gagal ginja, rasa sakit yang sangat kuat di bagian bawah tulang rusukmu, akan menjadi sebuah pertanda nyata. Apabila kamu juga, menderita batu ginjal serta infeksi saluran kemih, maka rasa sakit yang muncul akan semakin parah juga.

Baca Juga : Lima Tanda Kecanduan Makanan Yang Tak Boleh Kamu Abaikan

Itulah ulasan mengenai enam gejala yang tunjukan bahwa kamu menderita gagal ginjal, sahabat sekalian. Jadi apabila kamu menemukan, bahwa pertanda-pertanda tersebut terjadi pada tubuhmu, maka ada baiknya kamu memeriksakan kondisi tubuhmu ke dokter sesegera mungkin. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.boldsky.com

Subscribe to receive free email updates: