Benarkah Menelan Permen Karet Itu Perkara Yang Berbahaya?

Sahabat Saya Sekalian | Permen karet, merupakan permen kunyah yang memiliki ciri khas, yaitu dapat dibuat menjadi gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki aneka rasa. Biasanya permen karet bersifat lengket, dan pada saat gelembung mengembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah. Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental, bila dibandingkan, permen kunyah manapun. 

Pernahkah semasa kecil dulu, kamu mendapat larangan, untuk menelan permen karet?. Mitos-mitos yang berkembang menyatakan, bahwasannya permen karet yang tak sengaja kamu telah, dapat menghambat napas, menempel di organ dalam, tertinggal di dalam perut selama tujuh tahun, hingga dapat menyebabkan kematian. Namun benarkah mitos-mitos tersebut?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai mitos atau faktakah menelan permen karet merupakan perkara yang terbilang berbahaya?. Karena pastinya kamu juga pernah mendengar, larangan tersebut bukan sahabat?.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai kebenaran dari mitos, bahwa menelan permen karet merupakan perkara berbahaya, benar atau tidak?. Berikut ini ulasannya :

Benarkah Menelan Permen Karet Itu Perkara Yang Berbahaya?

Baca Juga : Enam Tips Berikut Amput Atasi Rasa Lapar Tanpa Konsumsi Apapun

Sekilas mungkin larangan menelan permen karet ini, terkesan begitu masuk akan. Pasalnya permen ini begitu lengket, dan dapat menempel layaknya lem. Mungkin biasanya, kita membayangkan bahwa ketika menelan permen karet, maka permen dapat melekat di dalam tubuh, dan tak bisa dikeluarkan melalui proses buang air besar.

Namun ternyata, mitos tersebut tidaklah benar sahabat, karena menurut para peneliti dari American Chemical Society, menelan permen karet dapat menyebabkan kematian, merupakan mitos belaka. Menelan permen karet ternyata tidaklah berbahaya, bahkan sama saja seperti menelan makanan lainnya.

Pasalnya, sistem pencernaan kita telah dirancang untuk mencerna, melarutkan, serta membuang, segala sesuatu yang kita masukan kedalam perut. Seperti halnya jenis protein lain, permen karet yang terbuat dari getah alami ini, mudah sekali dipecah oleh asam lambung. 

Kalaupun terbuat dari bahan sintetis, proses pencernaan permen karet dapat terjadi dalam kurun waktu beberapa jam, atau paling lama hanya beberapa hari. Dan tentunya tak sampai bertahun-tahun, seperti halnya dalam mitos-mitos yang berkembang.

Baca Juga : Tujuh Jenis Makanan Berikut Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Itulah ulasan mengenai fakta menelan permen karet perkara berbahaya atau tidak, sahabat sekalian. Ternyata semua mitos yang berkembang, bahwa menelan permen karet merupakan perkara yang berbahaya, tidaklah benar bahkan telah dibuktikan melalui ilmu pengetahuan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: