Tujuh Perkara Berikut Dapat Terjadi Pada Tubuh Saat Berhenti Minum Kopi

Sahabat Saya Sekalian | Apakah kamu seorang yang selalu memulai pagimu, dengan ditemani secangkir kopi panas?. Atau apakah kamu seseorang yang merasa harimu kurang lengkap, tanpa minum beberapa cangkir kopi?. Kebanyakan orang, terutama yang memiliki tuntutan yang cukup berat dalam pekerjaannya, cenderung tergantung pada kopi guna bersemangat setiap harinya.

Kini kopi telah menjadi salah satu minuman, paling populer sepanjang masa. Komponen utama dari kopi sendiri yaitu Kafein. Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat tubuh manusia, yang secara langsung, memberikan tambahan energi pada seseorang, dengan cara merangsang otaknya supaya lebih aktif.

Akan tetapi, Kafein juga memiliki efek yang cukup buruk bagi kesehatan, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa mengonsumsi kopi secara berlebihan, dapat menimbulkan efek samping, seperti halnya bau mulut, mual, sakit kepala, gangguan kecemasan, gangguan kegelisahan, dan tekanan darah.

Sering kali kita tidak menyadari, bahwa diri kita telah mengalami ketergantungan pada kopi. Dan ketika kita mencoba untuk berhenti dari kebiasaan tersebut, mungkin akan terjadi beberapa perubahan pada tubuh, baik itu positif ataupun negatif. Dan berdasarkan hal tersebut, kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat berhenti minum kopi.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang efek-efek apa sajakah yang dapat terjadi pada tubuh, saat menghentikan kebiasaan minum kopi?. Berikut ini ulasannya :
- Berat Badan Turun

Jika kamu seseorang yang sangat menyukai kopi, terutama dengan menambahkan banyak gula, atau pun krim di dalamnya. Maka ketika kamu menghentikan kebiasaan minum kopi, dapat dengan mudah membantumu, dalam proses penurunan berat badan.

- Gigi Lebih Putih

Kopi dapat meninggalkan bekas noda pada gigi, serta membuat gigimu tampak berwarna kekuningan. Dengan berhenti minum kopi, dapat membuat gigimu lebih sehat, dan juga tampak lebih putih.

- Lebih Tenang

Setelah tubuhmu terbiasa dengan kurangnya asupan Kafein dari kopi, kamu akan mulai merasa lebih tenang. Selain itu, kegelisahan yang kamu alami pun, akan berangsur menurun atau berkurang.

- Sakit Kepala

Ketika kamu menghentikan kebiasaan minum kopi, pada awalnya tubuhmu akan menghasilkan dopamin yang cukup sedikit, dan merasakan keinginan untuk terus minum kopi dalam beberapa waktu. Nah, hal ini dapat menyebabkan, rasa sakit di kepalamu.

- Kurang Konsentrasi

Gejala lain yang timbul, dari upaya menghilangkan ketergantungan terhadap Kafein, yang terdapat pada Kopi, adalah mudah marah dan merasa gelisah. Gejala-gejala tersebut, dapat mengurangi tingkat konsentrasi kita, sehingga menghambat kegiatan kita sehari-hari.

- Sembelit

Banyak orang yang menggunakan secangkir kopi, sebagai alat untuk merangsang perut, agar mau mengeluarkan kotoran di pagi hari. Sehingga pada saat berhenti minum kopi, dapat membuat kita sulit untuk merasa ingin pergi ke kamar kecil, terutama di pagi hari. Hal tersebut dapat menyebabkan sembelit.

- Kekurangan Antioksidan

Kopi merupakan salah satu minuman, yang paling banyak mengandung Antioksidan. Dengan berhenti minum kopi, mungkin akan membuat tubuhmu, mengalami kekurangan Antioksidan. Namun tidak usah khawatir, karena kamu masih bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan Antioksidan, dengan cara mengganti secangkir kopi dengan secangkir teh hijau.

Baca Juga : Inilah Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Saat Kurang Beristirahat

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh perkara yang mungkin kita alami saat berhenti minum kopi, baik itu hal yang bersifat positif ataupun negatifnya. Minum kopi, dapat berdampak buruk bagi kesehatan, bila dilakukan dengan berlebihan. Untuk itu, kita harus lebih bijak dalam mengonsumsinya, jangan sampai terlalu berlebihan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net

Subscribe to receive free email updates: