Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Sahabat Saya Sekalian | Elektrolit memiliki peran yang sangat penting, dalam kelangsungan hidup kita. Tapi tahukah kamu apakah itu Elektrolit?. Mereka tidak lain adalah ion, yang mengandung muatan listrik. Darah dan sebagian cairan dalam tubuh kita, mengandung Elektrolit. Dan Klorida, Kalium, serta Natrium, merupakan beberapa jenis Elektrolit, yang terdapat dalam tubuh kita.

Elektrolit memiliki berbagai fungsi, yang sangat penting dalam tubuh kamu. Seperti halnya, untuk mengontrol keseimbangan asam dalam tubuh, serta mengatur saraf dan otot-otot. Elektrolit juga memegang peran penting, dalam menjaga tingkat cairan dalam tubuh kita. Ketika terdapat kelebihan Elektrolit dalam tubuh, Ginjal kamu akan memainkan perannya dengan cara, mengekskresikan kelebihan tersebut untuk menjaga keseimbangannya.

Dan itu juga yang menjadi alasan, mengapa kita membutuhkan asupan mineral, untuk mengimbangi jumlah Elektrolit yang hilang tersebut. Hal itu dikarenakan, tubuh kita perlu untuk mempertahankan tingkat Elektrolit yang tepat, agar dapat berfungsi dengan baik dan efisien. Bahkan, gerakan seperti kontraksi otot pun, membutuhkan Elektrolit.

Ketika Mineral seperti Kalium atau Natrium dalam tubuhmu berlebih atau justru kurang, mungkin tubuh kamu akan mengalami dehidrasi, atau berbagai masalah kesehatan lainnya. Kemudian timbul pertanyaan, adakah makanan yang merupakan sumber Elektrolit alami yang baik?.

Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis makanan yang merupakan sumber Elektrolit terbaik. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, makanan-makanan apa sajakah yang dimaksud? Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Tujuh Jenis Makanan Berikut Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

- Air Kelapa

Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Air Kelapa muda menyediakan semua Elektrolit yang sangat penting. Pada kenyataannya, air Kelapa muda berguna untuk menghidrasi tubuh kita, dan juga berguna sebagai minuman berenergi.

Lemon Water

Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Lemon Water merupakan sumber yang kaya akan Magnesium dan Natrium. Sehingga ada baiknya, kamu mengonsumsi Lemon Water sesering mungkin, guna menjaga tubuh agar tidak kekurangan Elektrolit.

Cau

Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Kamu tahu bahwa Cau, berguna untuk mencegah terjadinya kram pada otot, serta mencegah tubuh mudah merasa lelah?. Itu semua benar, karena buah Cau ini kaya akan Kalium.

- Bayam

Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Sayuran berdun hijau, kaya akan Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Natrium. Maka dari itu, ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi sayuran hijau seperti halnya Bayam.

- Selai Kacang

Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Mineral seperti Fosfor, Magnesium, dan Natrium banyak terkadung dalam Selai Kacang. Dengan mengonsumsi Selai Kacang, bahkan jika hanya sedikit, dapat  mengganti Elektrolit yang hilang dari tubuh kita.

- Garam

Inilah Enam Jenis Makanan Sumber Elektrolit Alami Terbaik

Terlalu banyak mengonsumsi Garam, memang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak membutuhkan Garam, karena Garam mengandung Natrium. Jadi, kamu harus mengonsumsi makanan asin guna menambah Elektrolit dalam tubuh, namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Baca Juga : Lima Tanaman Herbal Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Itulah ulasan mengenai enam makanan sumber Elektrolit yang baik tuk dikonsumsi, sahabat sekalian. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, terutama secara rutin, dapat mencegah beragam jenis masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kekurangan Elektrolit. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: