Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Sahabat Saya Sekalian | Syarat utama terbentuknya sebuah negara, ialah memiliki rakyat, wilayah, serta pemerintahan yang berdautal. Selain itu, syart lain yang juga tak kalah penting, ialah negara tersebut harus mendapatkan pengakuan dari negara lain. Dan sebuah negara dapat terbentuk antara lain, karena pendudukan, penyerana, dan pengumuan atau proklamasi.

Namun negara-negara yang akan kita bahas berikut ini, memiliki sedikit perbedaan dengan negara-negara pada umumnya. Selain karena negara-negara ini, memiliki wilayah yang cukup kecil dibandingkan negara lainnya, negara-negara ini pun sepertinya terbentuk karena alasan-alasan yang cukup aneh, atau bahkan terbilang konyol. 

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa negara yang memiliki wilayah paling kecil atau mini di dunia. Seperti yang telah dikatakan, bahwa negara-negara ini terbentuk karena suatu alasan, yang terbilang konyol. Misalnya saja, negara tersebut terbentuk karena lelucon belaka, ataupun sebagai sebuah media protes.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai negara-negara apa sajakah yang memiliki wilayah terkecil di dunia?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Lima Negara Berikut Miliki Tingkat Kesehatan Yang Sangat Tinggi

Pulau Rose

Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Pulau Rose ini memiliki luas wilayah sebesar 0,0004 km persegi saja. Pada tahun 1967, seorang Insinyur berkebangsaan Itali, membangun sebuah bangunan diatas laut, dekat pantai Rimini, Itali. Bangunan terapung itu, memiliki sebuah restoran, klub malam, dan toko suvenir, untuk menarik perhatian para pengunjung.

Pada tahun 1968, Rosa mendeklarasikan kemerdekaannya dari Itali. Reaksi Itali terhadap pemisahan diri tersebut cukup keras. Itali menganggap usaha Rosa ini, adalah sebuah tindakan kriminal, untuk melepaskan diri dari kewajiban membayar pajak. Oleh karenanya, Itali mengirimkan penagih pajak dan polisi, untuk mengamankan wilayah tersebut. Kemudian meledakkannya.

- Sealand Country

Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Sealand, merupakan sebuah pelabuhan laut yang berjarak 10 km dari lepas pantai Sock Hook, Inggris. Awalnya pelabuhan tersebut, digunakan sebagai benteng pertahanan pada perang dunia II, yang kemudian diduduki oleh mantan Mayor Inggris bernama Paddy Roy Bates.

Bates yang menghuni tempat dengan luas 0,00055 km persegi ini, pada awalnya menjalankan sebuah stasiun radio bajak laut. Hingga pada tahun 1967, akhirnya Bates beserta rekan dan keluarganya mengklaim, bahwa tempat ini merupakan sebuah negara berdaulat, dan bahkan telah menerbitkan paspor sendiri.

Bates mengaku, bahwa Sealand ini telah diakui secara de facto oleh Jerman dan Inggris, sebagai sebuah negara. Namun pada tahun 1978 tatkala Bates tengah berlibur keluar negeri, Alexander Achenbach mengkudetanya dan mengaku sebagai Perdana Mentri Sealand. Alexander melakukan kudeta terhadap wilayah ini, dibantu oleh beberapa orang Jerman dan komplotan Belanda.

Kemudian Bates meminta bantuan militer ke luar negeri, untuk merebut kembali negara Sealand ini, hingga Alexander beserta komplotannya berhasil ditangkap. Namun, karena Alexander memiliki paspor Sealand, ia pun dipenjara dengan tuduhan sebagai pengkhianat. Sementara komplotannya dibebaskan.

- Kerajaan Other World

Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 0,02 km persegi saja. Kerajaan Other World ini, berasal dari sebuah resort di Republik Ceko, yang kemudian memerdekakan diri. Kerajaan satu ini, berbentuk Matriarchy, atau dipipmpin oleh seorang wanita.

Dalam kerajaan ini pun, terdapat kasta-kasta. Mulai dari gelar bangsawan, bagi para penguasa yang kesemuanya adalah wanita. Kerajaan ini bertujuan, untuk mengumpulkan sebanyak mungkin laki-laki, untuk dijadikan kasta terendah yang disebut budak. Kerajaan ini pun memiliki paspor, mata uang, polisi, bendera, dan lagu kebangsaannya sendiri.



Kerajaan Talossa

Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Kerajaan ini memiliki luas wilayah sebesar 13 km persegi, dan ditambah dengan sebagian besar Antartika. Berawal dari seorang pemuda berusia 14 tahun, bernama Robert Madison yang pada 1979 lalu, medirikan kerajaan Talossa. 

Pada mulanya, ia hanya mengklaim kamar tidurnya saja. Saat ia tumbuh besar, ia mengklaim wilayah-wilayah yang lebih luas, hingga akhirnya termasuk bagian timur Milwakee, dan dua buah pulau di Antartika dan Perancis. Mungkin Kerajaan Talossa ini, memang terdengar seperti sebuah konsep yang konyol, akan tetapi banyak muncul di media, termasuk New York Times dan Wired. 

Republik Molossia

Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 58 km persegi. Pemerintahan Molossia berada di dekat Dayton, Nevada, US. Wilayahnya sendiri, terdiri dari sebidang tanah yang dimiliki oleh Kevin Baugh, sang Presiden. Termasuk juga kedua tanah, yang ia beli di wilayah Pennsylvania, dan California. 

Sang presiden dari negara ini, berdandan layaknya seorang diktator, lengkap dengan seragam militer dan kacamata hitamnya. Ia juga mengakui sebidang wilayah di lautan pasifik dan Planet Venus. Molossia sebenarnya membayar pajak ke US, namun mereka menganggapnya sebagai bantuan luar negeri.

- Kerajaan Hutt River

Berikut Enam Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Seluruh Dunia

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 75 km persegi. Kerajaan Hutt River ini, didirikan oleh Leonard Casley, pada tahun 1970. Negara Mini ini terbentuk, ketika lima keluarga besar yang memiliki perkebunan di provinsi Hutt River, terlibat perselisihan dengan pemerintah Australia. Keluarga tersebut dianggap telah melanggar aturan pemerintah Australia, yang membatasi hasil produksi gandum, yang boleh dijual secara legal dalam kurun waktu tertentu.

Ketika kasus ini masuk pengadilan, Casley yang merupakan pemimpin dari lima keluarga ini, mendeklarasikan diri sebagai 'His Royal Highness Prince Leonard I'. Dengan memanfaatkan hukum lama, yang menyebutkan bahwa apabila melangar aturan sebuah kerajaan, akan dihukum sebagai penghianat. Kemudian ia menggunakan hukum ini, sebagai upayanya untuk memisahkan diri dari Australia.

Baca Juga : Hukuman Yang Berlaku Bagi Pelaku Tindak Asusila Di Berbagai Negara

Itulah ulasan mengenai enam negara paling kecil di dunia, sahabat sekalian. Meskipun terdengar sedikit aneh atau bahkan konyol, namun kisah-kisah dari pendeklarasian dari negara-negara paling kecil, yang sudah kita bahas tersebut memang benar adanya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.lenamonita.wordpress.com/2014/02/16/10-negara-terkecil-terkonyol/

Subscribe to receive free email updates: