Berikut Tujuh Jenis Gangguan Tidur Yang Dapat Menjangkiti Manusia

Sahabat Saya Sekalian | Gangguan tidur, akan membuat dirimu merasa sangat kelelahan juga tertekan, dalam menghadapi hari yang baru. Jika kamu menderita gangguan tidur, mungkin kamu harus mencari tahu, mengenai termasuk jenis yang mana gangguan tidur yang kamu derita. Karena ternyata, banyak sekali jenis gangguan tidur yang bisa menyerang seseorang, bahkan ada pula gangguan tidur yang terbilang aneh.

Dengan kamu mengetahui jenis gangguan tidur yang kamu derita, akan lebih memudahkan kamu untuk mencari dan menemukan cara, untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama untuk gangguan tidur yang terbilang aneh. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis masalah tidur yang sebaiknya kamu tahu.

Terkadang kita mengalami kesulitan untuk tidur, namun sering juga kita tidur dalam waktu yang cukup lama. Dan jika kamu mengalami hal-hal serupa, maka bisa dipastikan bahwa kamu sedang menderita salah satu dari jenis gangguan tidur, yang akan kita bahas kali ini.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai gangguan-gangguan tidur seperti apa sajakah yang dimaksud disini?. Berikut ini ulasannya :

Berikut Tujuh Jenis Gangguan Tidur Yang Dapat Menjangkiti Manusia

- Sleeping Bruxism

Ini merupakan salah satu gangguan tidur paling aneh, di mana penderitanya akan menggertakkan giginya, pada saat ia tidur. Para peneliti mengatakan, bahwa pada umumnya hal tersebut terjadi pada seseorang, yang mengalami tekanan atau stres, terlalu cemas, ataupun orang yang sedang menahan amarahnya.

- Sleep Apnoea

Ini merupakan salah satu kondisi yang sangat serius, dimana seseorang berhenti bernapas dalam beberapa detik. Apabila lambat dalam penanganannya, hal tersebut dapat mengakibatkan penderitanya, mengalami stroke. Jenis gangguan tidur satu ini, dapat diakibatkan karena kelebihan berat badan atau obesitas, tekanan darah tinggi, atau karena penderita merokok.

Sleep Walking

Kondisi ini dikenal juga sebagai 'tidur sambil berjalan'. Biasanya gangguan tidur jenis ini, disebabkan oleh masalah mendasar dalam tidur seperti halnya Sleep Apnoea, yang pada umumnya kurang diperhatikan.

- Narcolepsy

Ini juga merupakan salah satu kondisi serius, yang memerlukan penanganan sesegera mungkin, setelah kondisi tersebut terdeteksi. Orang-orang yang menderita kondisi ini, cenderung mengalami tidur secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat terjadi di manapun dan kapanpun. Studi mengungkapkan, bahwa satu dari setiap 2000 orang di dunia ini, menderita gangguan tidur Narcolepsy ini.

- Restless Legs Syndrome

Restless Leg Syndrome (RLS) adalah gangguan yang berhubungan dengan sensasi dan gerakan, biasanya berupa gejala tungkai kaki, yang berkejut-kejut sewaktu tidur. Para peneliti mengungkapkan, bahwa kondisi satu ini biasanya terjadi pada malam hari, dan akan sembuh pada pagi harinya.

Hipersomnia

Ini merupakan salah satu kondisi langka, dimana orang yang menderita kondisi ini, cenderung menghabiskan waktu 18 jam dalam sekali tidur. Rentang waktu tidur dari penderita Hipersomnia, tidak hanya berkisar 18 jam saja, ada pula kasus dari penderita kondisi satu ini, yang bahkan tidur hingga berminggu-minggu lamanya. Saat ini, di seluruh dunia hanya ada 200 orang yang diketahui, mengidap gangguan tidur jenis ini. 

- REM-Sleep Behavior Disorder

REM-Sleep Behavior Disorder adalah sebuah kondisi, dimana otak tidak dapat mengirim sinyal pada tubuh, untuk tetap diam selama tidur. Pengidap gangguan ini sering bermimpi dalam tidurnya. Namun tak hanya bermimpi, tapi mereka juga bisa melakukan tidakan, sesuai dengan mimpi yang mereka alami. Seperti halnya berteriak, memukul, menendang, dan bahkan berlari-lari. 

Ketika terbangun, mereka biasanya akan mengingat mimpinya, tetapi tidak dengan aksi brutal yang mereka lakukan. Jarang sekali orang yang mengalami kondisi ini. Pada umumnya, kondisi gangguan tidur satu ini, menyerang orang tua. Gangguan ini diduga merupakan gejala dari penyakit Parkinson, atau gangguan saraf degeneratif.

Baca Juga : Inilah Lima Perkara Yang Sebabkan Tidur Anak Kurang Berkualitas

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh masalah tidur yang terbilang cukup aneh, dan perlu untuk kamu ketahui. Bila kamu sering mengalami gejala-gejala yang menunjukan, bahwa kamu menderita salah satu gangguan tidur, yang sudah dijelaskan di atas. Sebaiknya, kamu berkonsultasi ke dokter guna mengatasi masalah tidur, yang kamu derita tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net

Subscribe to receive free email updates: