Inilah Alasan Yang Menyebabkan Air Mata Terasa Asin

Sahabat Saya Sekalian | Kamu semua pasti tahu apa itu air mata. Yah, air mata ialah air yang keluar dari mata, seperti halnya tatkala kita menangis. Air mata sendiri, merupakan kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi, yang berasal dari bahasa Latin 'Lacrima', dimana artinya ialah 'air mata'. Kata lakrimasi juga dapat digunakan untuk merujuk pada menangis.

Adapun air mata ini, dapat berguna untuk membersihkan, serta melumasi mata. Namun sahabat, pernahkah kamu terpikirkan, mengenai mengapa air mata yang mengalir melewati pipi, dan masuk kedalam mulut kita, tatkala menangis memiliki rasa yang asin?. Mengapa rasanya tidak manis, padahal kita juga sering kali mengonsumsi gula.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan mengapa air mata yang keluar saat kita menangis terasa asin, tatkala masuk kedalam mulut kita.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai adakah penjelasan mengenai terasa asinnya air yang keluar dari mata kita?. Berikut ini ulasannya :


Baca Juga : Ternyata Menangis Miliki Enam Manfaat Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Ternyata air mata terasa asin, Air mata berasa asin karena memang kandungannya yang meliputi leusinenkefalin, adrenokortikotropik, dan prolaktin serta beberapa elektrolit, protein pengikat lemak dan Imunoglobulin A yang keseluruhannya menghasilkan rasa asin.

Dari kandungan-kandungan tersebutlah, air mata memiliki fungsi utama untuk menjaga kelembaban mata, agar mata kita tetap stabil. Protein pengikat lemak sendiri, memiliki fungsi untuk membuat lapisan terluar dari mata, yang terdiri dari lapisan lemak dan memiliki fungsi, untuk melindungi kelembaban mata agar tetap utuh.

Tanpa adanya air mata, bola mata kita pastinya akan terasa begitu kering, dan juga sangat sensitif terharap cahaya. Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa lapisan terluar dari mata kita terdiri atas lemak, dan lemak tersebut mudah sekali rusak. Jadi, air mata juga dapat berfungsi untuk melindungi lapisan lemak tersebut, agar tidak mjudah rusak.

Baca Juga : Enam Perkara Berikut Dapat Menyebabkan Mata Menjadi Merah

Itulah ulasan mengenai alasan air mata kita terasa asin, sahabat sekalian. Ternyata kandungan-kandungan yang terdapat dalam air matalah, yang telah membuat rasa dari air mata, menjadi asin saat menyentuh lidah. Namun kandungan-kandungan tersebut, juga memiliki peran penting dalam menjaga, kesehatan mata kita. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: