Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Lorongperihal,id | Mungkin akan menjadi suatu hal yang sulit untuk kamu percayai, bahwa di dunia ini masih terdapat fenomena-fenomena alam, yang belum bisa dijelaskan secara logis, bahkan oleh para ilmuwan yang mempelajarinya sekalipun. 

Hal itu sangatlah beralasan, mengingat perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang kian maju, pasti membuat kamu percaya bahwa semua fenomena alam, yang ada di planet ini memiliki penjelasan secara logis. 

Akan tetapi percaya atau pun tidak, pada kenyataanya ada beberapa fenomena alam yang bahkan ilmuwan sekalipun, masih kesulitan untuk menjelaskannya. Mereka memang selalu menggali fakta-fakta baru, namun hingga kini belum ada penjelasan logis, yang bisa ditemukan oleh para ilmuwan tentang fenomena-fenomena alam tersebut. 

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fenomena alam yang masih sulit dijelaskan, bahkan oleh para ilmuwan sekalipun. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang fenomena apa sajakah itu?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Enam Fenomena Alam Berikut Sulit Dipercaya Keberadaannya

- Korona Matahari

Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Pada atmosfer Matahari, terdapat satu misteri besar yang masih sulit dijelaskan, bahkan oleh para ilmuwan sekalipun. Misteri tersebut, terletak pada bagian terluar dari atmosfer matahari, yaitu lapisan yang disebut Korona. 

Untuk beberapa alasan, Korona memiliki suhu yang jauh lebih panas, bila dibandingkan dengan permukaan matahari itu sendiri. Hal tersebut membuat tidak sedikit ilmuwan yang merasa kebingungan. Apabila suhu rata-rata, di permukaan matahari sekitar 5800 Kelvin, maka suhu lapisan Korona ini dapat mencapai tiga juta Kelvin.

- Cahaya Hessdalen

Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Sekitar tahun 1940an, muncul sebuah fenomena cahaya aneh, yang terlihat di Lembah Hessdalen, Norwegia. Antara tahun 1981 hingga 1984, cahaya tersebut diawasi sekitar 20 kali setiap minggunya, karena periode kemunculannya yang terus meningkat. Namun, kini aktivitas pengawasan tersebut mula dikurangi, menjadi sekitar 10 hingga 20 kali saja setiap tahunnya, seiring dengan periode kemunculannya yang juga menurun. 

Cahaya Hessdalen ini, biasanya berwarna oranye atau kuning terang, dan mengambang di atas bukit. Terkadang cahaya ini bertahan hingga lebih dari satu jam. Hingga saat ini, belum ada kejelasan pasti mengenai, penyebab kemunculan cahaya Hessdalen ini.

- Migrasi Hewan

Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Migrasi hewan, merupakan hal yang sangat umum terjadi di dunia ini. Mulai dari mamalia, burung, ikan, serangga, dan reptil, mereka sering melakukan migrasi. Alasannya beragam, mulai dari untuk mencari makanan hingga datangnya musim dingin, yang mengharuskan mereka untuk bermigrasi ke tempat yang lebih hangat. 

Namun para ilmuwan mendapati, hal yang membuat mereka bingung akan fenomena satu ini. Hal tersebut ialah, bagaimana para hewan dapat bermigrasi ke daerah yang sangat jauh jaraknya, tetapi tidak tersesat sama sekali. Banyak teori bermunculan untuk menjawab pertanyaan tersebut, namun alasan pastinya masih belum bisa diketahui. 

- Hilangnya Ubur-Ubur Dari Danau Ubur-ubur

Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Danau ubur-ubur yang terletak di Pulau Eil Malk, merupakan sebuah danau yang terhubung langsung ke lautan, melalui celah-celah serta terowongan bawah airnya. Setiap harinya, jutaan ubur-ubur bermigrasi melalui danau ini. 

Namun pada tahun 1998 hingga 2000, tidak ada satu ekor pun ubur-ubur, yang bermigrasi melalui danau tersebut. Banyak teori yang bermunculan tentang fenomena tersebut, akan tetapi para ilmuwan masih belum yakin, mengenai apa penyebab utama kejadian tersebut terjadi.

- Hujan Hewan

Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Beberapa tahun kebelakang, di beberapa tempat di dunia ini, terjadi fenomena alam yang cukup aneh. Fenomena tersebut ialah hujan hewan. Pada saat musim panas tahun 2000 di Ethiopia, terjadi hujan hewan berupa jatuhnya jutaan ikan dari langit, dan sebagian besar dari ikan-ikan tersebut jatuh dalam keadaan mati. 

Kebanyakan fenomena hujan hewan ini, disebabkan oleh tornado atau badai yang sangat kuat, sehingga mampu mengangkat dan membawa tubuh ikan keluar dari air. Biasanya, hewan-hewan dalam fenomena hujan hewan hanya berupa satu spesies hewan saja, seperti halnya ikan yang terbawa oleh badai.

Akan tetapi yang membuat fenomena ini menjadi membingungkan, ialah bahwa dalam fenomena tidak hanya hujan ikan yang terjadi, namun hujan beberapa jenis hewan seperti katak, burung, dan laba-laba pun tercatat pernah terjadi.

- Nyanyian Paus Bungkuk

Inilah Enam Fenomena Alam Yang Masih Membingungkan Para Ilmuwan

Paus Punggung Bungkuk atau Paus Bungkuk jantan, dapat memproduksi suara yang sangat panjang, dan sangat kompleks. Suara tersebut bertujuan untuk menarik perhatian para betinanya. Namun penelitian membuktikan, bahwa suara tersebut juga tidak hanya bertujuan untuk menarik perhatian bertinanya saja, tetapi juga untuk menarik perhatian paus jantan lainnya. 

Selain itu satu individu hewan ini, dapat mempelajari suara atau nyanyian dari yang lain, dan menyebarkannya ke semua populasi Paus Bungkuk, yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya, nyanyian Paus Bungkuk ini bagi para ilmuwan, masih merupakan sebuah misteri.

Baca Juga : Berikut Lima Fenomena Yang Belum Bisa Dijelaskan Ilmu Pengetahuan

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam fenomena alam yang masih membingungkan para ilmuwan sekalipun. Bila fenomena-fenomena tersebut berhasil dipecahkan, pastinya itu akan menjadi sebuah kemajuan yang sangat pesat, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: