Inilah Enam Manfaat Kesehatan Dari Berolahraga Secara Rutin

Sahabat Saya Sekalian | Olahraga merupakan sebuah bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani kamu. 

Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui ketika kamu melakukan olahraga, sepertihalnya, saat kamu memulai olahraga sebaiknya diawali dengan melakukan pemanasan, hal ini berguna untuk mengendurkan otot-otot pada tubuh kamu. Lakukan olahraga antara jam 5 hingga jam 9 pagi, yang disesuaikan dengan jam tidur kamu. 

Kemudian setelah selesai berolahraga sebaiknya jangan langsung mandi, tetapi istirahatkan dulu badan kamu sejenak, kurang lebih 15 hingga 45 menit. Lakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam satu minggu. Dan terakhir Lakukan olahraga di ruangan terbuka.

Inilah Enam Manfaat Kesehatan Dari Berolahraga Secara Rutin
Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa manfaat olahraga secara rutin untuk kesehatan. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat berolahraga secara rutin untuk kesehatan. Berikut ini ulasannya :

- Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat berolahraga secara rutin khususnya di pagi hari, yang paling utama adalah dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak kamu. 

Penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa, Jepang mengungkapkan bahwa dengan berolahraga secara rutin khususnya di pagi hari, mampu mempengaruhi kecerdasaan otak kamu. Mereka mengungkapkan bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi.

- Menambah Energi

Berolahraga secara rutin, meskipun hanya 30 menit dalam sehari, dapat meningkatkan jumlah energi dalam tubuhmu. Hal itu disebabkan oleh endorphin yang dilepaskan ke dalam darah selama kamu berolahraga, Endorphin sendiri adalah senyawa kimia dalam otak yang dapat merangsang otak kamu agar lebih santai.

- Menghindari Penyakit Osteoporosis

Resiko wanita terkena penyakit osteoporosis lebih besar jika dibandingkan dengan pria, penelitian menunjukan bahwa dengan berolahraga akan membantu kamu untuk menghindari beberapa penyakit, salah satunya ialah osteoporosis.

- Kualitas Tidur Yang Lebih Baik

Bila kamu secara rutin berolahraga khususnya di pagi hari, dapat menjadi langkah berharga dalam menciptakan pola tidur yang teratur. Dengan pola tidur yang teratur akan meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat membantu kamu agar lebih fokus dan energik, serta memiliki peran penting dalam rangka menurunkan berat badan kamu. 

Beberapa hormon yang mengontrol nafsu makan dan metabolisme bisa diatur oleh pola tidur yang baik, sehingga membuat jadwal tidur yang sehat bisa memberikan dampak positif pada tubuh kamu.

- Membantu menjaga berat badan

Wanita akan merasa kurang percaya diri ketika memiliki berat badan yang berlebih, bahkan banyak diantara wanita-wanita tersebut yang rela melakukan diet habis-habisan untuk mengembalikan berat badan ke posisi ideal, mungkin diantaranya adalah kamu. 

Tetapi jika kamu hanya melakukan diet tanpa dibarengi dengan olahraga, hasilnya tidak akan maksimal. Faktor kunci yang perlu kamu pertimbangkan dalam berolahraga secara rutin khususnya pada pagi hari, adalah efek pada metabolisme tubuh kamu. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan berolahraga secara rutin setiap pagi tubuh kita membakar kalori tidak hanya pada saat melakukan olahraga saja, akan tetapi tubuh kita akan terus melakukan pembakaran kalori secara terus menerus selama beberapa jam setelah olahraga.

- Meningkatkan Daya Ingat

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan fokus dan ketajaman mental hingga 10 jam pasca olahraga selesai dilakukan. Untuk memperoleh manfaat tersebut secara maksimal sebaiknya kamu melakukan olahraga di pagi hari, karena pada pagi hari otak dan tubuh kamu berada dalam kondisi yang segar, sehingga efeknya akan terasa lebih cepat dan maksimal.

Itulah ulasan mengenai enam manfaat olahraga secara rutin untuk kesehatan, sahabat sekalian. Sebaiknya kamu mengusahakan untuk dapat menerapkan pola hidup yang sehat, yang mana salah satunya ialah dengan berolahraga secara rutin. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: